Oleh : Azizah Aghniya Zain

Mahasiswa Universitas Mulawarman Program Studi Ilmu Komunikasi

Siapapun di dunia ini pasti memiliki paling tidak satu sosok yang diidolakan. Memiliki seseorang yang diidolakan dan menjadi idola bagi orang lain adalah hal yang biasa terjadi dalam hidup baik secara tersembunyi maupun secara terang-terangan. Terkadang megidolakan seseorang membuat kita ingin merasakan kehadiran sang idola di sisi kita dengan menciptakan suasana maupun menghadirkan benda-benda yang membuat kita terhubung dengannya sampai dengan meniru segala perbuatannya. Sama halnya seperti Seola Himawari, seorang selebgram muda dengan puluhan ribu penggemar yang setia meramaikan akun Instagramnya, namun mata nya selalu tertuju pada akun Instagram idolanya yang berada di Korea. Seola dengan paras dan karisma nya, tak henti-hentinya mendapatkan pujian dari para netizen dalam Negara setiap harinya. Setiap Ia mengunggah konten yang memuat dirinya di Instagram maka Ia akan kebanjiran angka like maupun komentar pujian dalam postingannya.

‘Kak Seola cantik banget tiap hari apa nggak capek?’ Tulis salah satu netizen dalam kolom komentar postingan terbaru Seola dan diikuti oleh beberapa komentar lainnya.

‘Iya nih Ola kamu cantik banget sih, mau pakai outfit apa aja cantik terus.’

‘Rambut nya lebat dan bagus banget kak, hair care nya apaan sih Kak, suka banget rambut Kakak?’

‘Kak Seola ayo tutorial make up ala kakak lagi dong, bagus banget soalnya’

‘Cantik nya Kak Seola kelewatan, insecure jadinyaaaa kan.’

‘Kalian juga cantik kok sayang, kita semua bisa cantik bagaimanapun caranya, jangan insecure dong ya’ Balas Seola di kolom komentar untuk para netizen yang memujinya, tak lupa Ia bubuhkan emoticon hati di setiap akhir tulisannya.

‘Lihat, Kak Seola itu selain cantik juga berhati baik, selalu menyempatkan untuk membaca dan menanggapi komentar kita, kamu akan selalu jadi panutan dan idola ku kak.’ Lagi-lagi Seola semakin dibanjiri komentar-komentar positif dalam postingannya.

Senyuman terus merekah di wajah Seola sembari membaca komentar yang memujinya, hatinya sangat bahagia dan melupakan hal-hal disekitarnya bahkan orang yang sedang bersamanya.

Twing twing! Ditengah-tengah kegiatan menelusuri komentar postingannya, suara notifikasi masuk terdengar dari handphone Seola dengan pesan pop up yang bertuliskan ‘Your_Sunshine telah mengunggah sebuah foto.’ Tanpa berlama-lama Seola langsung membukanya dan sontak berteriak kegirangan “Aaaaa”

Seola dengan sangat antusias dan bersemangat memperlihatkan postingan yang membuatnya kegirangan kepada Hannie, sahabat yang saat ini bersamanya. “Han, Han, Sunny Eonni akhirnya muncul lagi setelah udah nggak posting apa apa selama seminggu. Sunny Eonni ku cantik banget.. muncul lagi setelah sekian lama dengan gaya rambut barunya yang di cat ash grey.”

Sunny merupakan sosok idol terkenal asal Korea Selatan yang sangat di idolakan Seola selama setahun terakhir ini. Seola sangat antusias karena Sunny hadir kembali setelah menghilang selama seminggu dengan tampilan baru yang memukau dirinya.

“Iya-iya cantik kok la, gausah teriak juga tapi kayak orang gila. Sekarang segera habiskan makan siangmu, habis ini kamu masih ada sesi pemotretan untuk konten endorsement yang harus kamu upload selanjutnya” Tegur Hannie, Sahabat sekaligus manajer pribadi Seola yang sejak tadi sudah geram melihat nya sibuk dengan dunianya dan sama sekali tidak menyentuh makan siang dihadapannya.

“Iya deh iya honey ku, tapi habis ini kita ke salon dulu ya, ada yang mau aku lakukan.” Balas Seola lalu mulai menyuap sesuap demi suap nasi perlahan ke dalam mulutnya untuk segera menghabiskan makan siangnya lalu pergi ke salon, setelah itu melakukan sesi pemotretan.

Sesi pemotretan telah selesai dan setelah melewati berbagai sesi penyuntingan gambar. Konten endorse siap untuk diunggah ke akun Instagram Seola. Posted.

Lima menit setelah konten di unggah ke akun Seola, komentar-komentar mulai membanjiri postingan. Bukannya fokus kepada produk yang Ia promosikan, tapi ternyata orang-orang lebih fokus kepada model yang mempromosikannya yakni Seola dengan penampilan style rambut barunya yakni potongan bob with layer serta di cat berwarna ash-grey sama persis dengan model rambut baru Seola idolanya.

‘Kak Seola..Demi apa.. Rambut baru kakak cantik banget, mirip artis korea deh’ Tulis salah satu netizen dalam kolom komentar postingan Seola.

‘Wahh Seola rambut baru mu bikin kamu kelihatan mirip sama Sunny’ Ujar netizen lainnya dan ditanggapi oleh netizen-netizen lainnya yang sependapat.

‘Iya nih iya, baru sadar Kak Seola mirip banget ya sama Sunny Eonni’

‘Iya bener’

‘Sepakat’

‘Bener, Sunny cabang sini nih kak Seola’

Membaca berbagai komentar netizen yang mengidentikan dirinya mirip dengan Sunny, hati Seola sangat berbunga. Betapa bahagianya Ia dipuji dan berhasil dimiripkan dengan idola kesayangannya.

Keesokan harinya Ia mulai mengubah gaya make up-nya, Ia mengikuti gaya khas make up ala Sunny. Lagi lagi-lagi Ia semakin di cap kembaran Sunny.

‘Duhh semakin mirip aja nih Kak Seola sama Sunny.’

‘Seola adiknya sunny.’

‘Gue kira ini instagtamnya Sunny ternyata eh Seol’

‘Gila makin mirip Sunny aja ni Seola’

‘Cantik banget kembaran Sunny.’ Kira-kira seperti itulah jenis komentar yang tertulis di postingan terbaru Seola.

Hari demi hari terus berganti dan kini Seola sangat terobsesi untuk menyamakan dirinya dengan Idolanya itu, setelah mengganti mode rambut, memperbarui gaya make up, Ia juga selalu membeli barang-barang yang sama dengan barang yang dimiliki Sunny. Tidak hanya itu, Ia juga mengubah gaya berpakaiannya layaknya Sunny. Ia terus-terusan membeli pakaian dengan model yang sama layaknya yang diperlihatkan Sunny di akun Instagram miliknya.

Karena fenomena kemiripannya dengan Sunny yang membuat postingannya menuai ribuan komentar ini, semakin banyak tawaran-tawaran endorsement baru yang menginginkannya. Saking banyaknya, Hannie dan dirinya sulit untuk memilih mana yang harus diterima dan harus ditolak.

“Yang ini tolak aja Han, sepertinya bukan jamannya lagi fresh flower di pasarkan kepada orang-orang kekinian, apalagi followers ku pasti pada tau ini bukan gayaku banget.” Ucap Seola sembari menunjuk print out kertas tawaran kerjasama yang mereka cetak untuk mempermudah proses filter.

Ia lagi-lagi menunjuk satu persatu kertas di meja. “Yang ini juga, yang ini juga”

Mendengar hal itu dari mulut sahabatnya, Hannie sedikit menimbang-nimbang “Aku pertimbangin deh la, habis itu aku coba konfirmasi dulu”

“Oke, aku mau posting foto dulu di Instagram bareng tas Gucci edisi terbatas aku yang kembaran sama punya nya Sunny” Seola lalu beralih kepada Iphone nya untuk mengunggah foto yang Ia maksudkan.

Sepuluh menit berselang setelah Ia mengunggah postingan di Instagram, seperti biasa postingannya selalu dibanjiri oleh komentar. Namun ada beberapa hal yang tidak biasa pada kali ini. Ia lebih banyak mendapatkan komentar negatif untuk kali ini.

‘Wah makin kesini emang mirip Sunny. Tapi ini bukan mirip lagi namanya, tapi plagiasi. Iya nggak sih?’

‘Iya nih, mana kak Seola yang dulu? Kok malah ngikutin gayanya sunny banget’

‘Seola Plagiat Sunny ini namanya, Cantik doang bisanya nyontek. HAHAHA’

‘Nah, gue bilang juga apa kan dia itu plagiat Sunny banget. Lo juga gak secantik Sunny kok padahal, gayanya aja yang mirip. Lama lama eneg juga sih kan kalau diliat mau coba nyamain banget’ Komentar ini mendapat angka like dan balasan terbanyak sehingga menjadi komentar yang paling tersorot diantara komentar lainnya.

Berselang tak lama kemudian notifikasi masuk lagi di Instagram Seola dan ternyata para netizen kini merombongi Postingan lama Seola yang dimana Ia belum menjadi Seola yang saat ini.

‘Sumpah coba deh liat ini, beda banget kan sama Ola yang sekarang’

‘Iya bener, mana Seola yang dulu?’

‘Seola kan sekarang ganti nama jadi Plagiat Sunny.’

‘Maaf teman-teman semua, sebelumnya Sunny Eonni adalah idola aku, inspirasi aku, gak ada maksud untuk menjadi plagiatnya, hanya sebatas fans dan idola aja.’ Tulis Seola di kolom komentar bermaksud mengklarifikasi dan menenangkan komentar-komentar jahat di postingannya.

‘Plagiat ya plagiat aja, gausah pembelaan segala’ Lagi-lagi komentar negatif tak kunjung padam juga.

‘Bener, sepakat.’

‘Sepakat’

‘Bener banget, plagiat’

Ia tak tahan dengan komentar-komentar tersebut dan menonaktifkanan fitur komentar di seluruh postingan Instagramnya. “DIAAMMMM!!!!” Seola berteriak dalam ruangannya. Tak kuat hati dengan moment seperti ini, tangisannya meledak dan kini ia terduduk memeluk dirinya sendiri dan membenamkan wajahnya kedalam kedua tangannya.

Hannie, sahabatnya itu langsung datang setelah mendengar teriakan Seola dan menghamburkan pelukan ke arahnya. Ia pun telah mengetahui hal yang sedang dihadapi oleh Seola dan menjadi alasan membludaknya emosinya.

“Mereka udah gak bisa nerima aku Han” Ujar Seola dengan isak tangisnya yang tak terhenti.

“Udah gausah dibaca lagi kalau bikin kamu sakit hati” Perintah Hannie sembari mengelus pundak Seola agar Ia berhenti menangis.

“Apa aku salah ya Han mengidolakan Sunny? Aku salah ingin terlihat sepertinya?” Tangisan Seola semakin pecah dan tak kunjung reda.

“Olaa, Olaa, Pliss tenang dan dengarin aku. Mengidolakan orang nggak pernah salah Seola. Mengikuti dan ingin terlihat mirip dengan Idola juga sebenarnya tidak salah. Yang salah adalah karena kamu jadi kehilangan dirimu sendiri. Kamu kehilangan Seola saking terobsesi dengan Sunny. Kamu jadi orang lain, dan bukan dirimu lagi. Aku juga merasakan itu Seola, tapi selama ini kamu merasa pujian-pujian itu menghidupkanmu makanya aku tidak pernah menghentikanmu”

“Tapi orang-orang selalu suka apabila aku terlihat seperti Sunny termasuk aku. Aku sangat bahagia terlihat seperti Idolaku, meskipun selama ini jujur aku merasa tidak nyaman dengan tampilan make up dan gaya berpakaianku. Karena orang-orang menyukai itu makanya aku melakukannya.” Ucap Seola lagi, kini airmata nya cukup mengering. Ia mulai mengangkat kepalanya dan menghadap ke arah Sunny.

Sebagai Sahabat yang baik, Hannie mengelap sisa-sisa air mata Seola dan mengeluarkan kata-kata terbaiknya. “Seola dengar, Kamu Seola Himawari. Kamu adalah Himawari, dalam Bahasa Jepang Himawari memiliki arti Bunga Matahari, sementara Sunny adalah Matahari bagimu. Bunga Matahari adalah bunga yang selalu menghadap kepada Matahari. Bunga matahari selalu tertuju kepada matahari, memuja-muja matahari, ingin menjadi seperti matahari dan tanpa Ia sadari bahwa orang-orang lebih suka melihat Bunga Matahari daripada Matahari. Bunga Matahari sangat Indah untuk dipandangi sementara Matahari sangat menyilaukan dan tidak mungkin untuk digapai. Oleh karena itu kamu harus sadar bagaimanapun kamu, apabila kamu memiliki kepercayaan diri orang-orang akan terus tertuju padamu, dan berhentilah hidup dalam bayang matahari.”

Mendengar kalimat tersebut, tangisan Seola kini reda sepenuhnya. Kepercayaan diri nya kini sedikit kembali meskipun akan bertahap perlahan untuk dapat kembali sepenuhnya. Ia memeluk Sahabatnya itu.

“Terimakasih Hannie, sahabat terbaikku. Kata-kata mu itu sangat menenangkanku saat ini dan aku tak bisa bayangkan kalau kamu nggak ada disini. Bicara filosofi bunga matahari yang kamu maksudkan tadi, kamu sendiri bukannya masih menjadi sosok bunga matahari yang terjebak dalam bayang-bayang matahari? Mendengarmu mengatakan hal-hal seperti tadi sebenarnya kamu punya bakat menjadi penulis. Aku juga diam-diam melihat puisi yang kamu tulis di jurnalmu. Aku sangat menyukai tulisanmu”

Mereka berdua tertawa kecil sejenak.

“Kamu membacanya ya, dasar kamu Seola” Hannie menutup wajahnya karena tersipu.

“Kamu juga sebenarnya bunga matahari yang sampai saat ini menghadap kearahku, masih membuntuti kemanapun aku pergi, menjadi orang di balik layar untuk segala hal yang aku lakukan. Bukannya aku mempermasalahkan hal itu, tapi aku hanya ingin kamu menjadi bunga-bunga yang bermekaran di tempat lain tanpa harus mengikuti aku. Kamu harus bebas juga Han.” Seola melanjutkan kalimatnya dengan sungguh-sungguh.

Hannie kembali memeluk Seola. “Terimakasih Seola, tapi sebelum aku bebas aku harus memupuki lagi bunga matahari yang satu ini agar tumbuh mekar kembali. Kita harus mengembalikan branding image mu”

“Aku punya ide” tiba-tiba sebuah ide terlintas dalam kepala Seola.

“Apa itu?” Tanya Hannie Penasaran.

“Pertama-tama terima semua permintaan endorsement, termasuk fresh flower itu” Jawab Seola.

“Bukannya tadi—“

“Ia, sekarang aku jadi kepikiran sesuatu. Jadi terima saja ya, Honey.”

 

*

Seola kembali memposting foto dirinya di akun Instagram miliknya, namun kali ini dengan penampilan yang sangat berbeda dari sebelumnya. Ia menggunakan dress terusan berwarna putih yang terlihat sangat anggun, rambutnya digerai dan sudah Ia hitamkan kembali, serta make up natural ala Seola. Di foto tersebut Ia berdiri di lapangan luas, dibawah terik sinar matahari, dengan memegang sebatang bunga matahari yang Ia endorse dari toko online yang menjual fresh flower. Ia pula membubuhkan caption : ‘I am a sunflower, himawari, bunga matahari. Bunga Matahari tak bisa menyinari bumi selayaknya matahari tapi setidaknya Ia tetap Indah dengan menjadi diri sendiri’

Fitur komentar pula telah Ia aktifkan kembali, kolom komentarnya kini penuh menyambutnya kembali.

‘Welcome back, Seola’

*END*

*) Artikel penulis ini merupakan tanggung jawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi sparklingcommunication.web.id